Sabtu, 29 Desember 2012

Arti Menjadi Ibu

Definisi kamus untuk kata ibu adalah "orangtua perempuan". Tapi pada kenyataannya, definisi sesungguhnya untuk kata ibu jauh lebih luas. Ibu juga merupakan guru, pemberi kasih sayang, dan perawat. Dia juga pendongeng, ilmuwan, dan seniman. Dia sopir, koki, pelatih sepakbola, dan kadang-kadang, bahkan ayah! Ibu adalah sosok yang penuh kasih sayang, kuat, mandiri, dan pemberani. Dia penyayang, penyabar, dan tabah.

Ajaibnya para ibu mampu melaksanakan tugasnya tanpa pendidikan formal apa pun. Rangkaian tugas mereka dimulai dari saat mereka hamil. Mereka terus maju tanpa dibekali buku petunjuk atau berbagai intruksi. Ibu memperoleh kemampuannya hanya dengan mencoba dan terus mencoba--dari kehamilan selama sembilan bulan sampai ke tahun-tahun kuliah anaknya. Dan entah dia ibu yang bekerja atau ibu rumahtangga, dia tetap selalu bertugas aktif! Entah dia sedang mempersiapkan kelahiran anaknya, menggendong bayi sampai si bayi tidur, mengantar anak-anak dari sekolah ke les tari tiga kali seminggu, atau belanja perlengkapan tinggal di asrama bagi anaknya yang baru kuliah, meskipun klise kedengarannya, fakta berikut ini tidak bisa dibantah: Tugas seorang ibu tak pernah berakhir.

Ya, jadi ibu memang melelahkan. Dan tidak akan ada bayaran. Namun imbalan menjadi ibu sangat banyak. Ciuman dari putrinya yang berterimakasih, senyuman dari putranya yang bahagia, atau ucapan terimakasih tulus dari anak ramajanya dapat menjadi imbalan yang sangat berharga. Dalam kapasitas lain apa seorang wanita bisa menuntaskan tugas yang begitu melelahkan dan mendapatkan kepuasan luarbiasa dari kesenangan-kesenangan kecil seperti itu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar