Rabu, 13 Juni 2012

Cara Merawat Kura-Kura Brazil

Kura-kura Brazil mungkin tidak terlalu asing didengar. Kura-kura ini memiliki banyak peminat karena bentuknya yang mungil dan unik. Kura-kura ini cukup mudah untuk merawatnya, maka dari itu banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya. Disini saya akan membagi pengalaman saya dalam merawat kura-kura brazil.


Cara Merawat Kura-Kura Brazil :
  1. Gunakan kolam/akuarium yang sesuai dengan ukuran kura kura Anda.
  2. Usahakan agar kura-kura tidak berada didalam ruangan ber-AC. Bila berada di ruangan ber-AC, Anda bisa menambahkan heater khusus akuarium agar suhu air tetap stabil. Suhu air yang baik untuk kura-kura adalah 20-28 derajat Celcius. Karena bila kura-kura berada di ruangan dingin, kura-kura dapat terserang penyakit paru-paru. Parahnya lagi, cara menyembuhkannya cukup sulit.
  3. Jagalah kebersihan air. Gunakan filter pada akuarium agar kebersihan air tetap terjaga. Bila Anda tidak menggunakan filter, sering-seringlah membersihkan air di akuarium/kolam tersebut. Karena bila air kotor, dapat menyebabkan berbagai penyakit pada kura-kura.
  4. Berilah makanan yang bervariasi untuk kura-kura Anda. Jangan selalu memberikan pelet khusus kura-kura. Anda juga bisa memberikan sayur, buah dan hewan lunak. Misalnya, ikan kecil, kubis, wortel, cacing tanah dll. Cuci dahulu makanan yang akan di berikan kura-kura agar bersih. Bila bayi kura-kura, sebaiknya diberi makanan di air dan makanan harus dipotong kecil-kecil.
  5. Berilah makanan kura-kura secukupnya. Karena, hal itu menyebabkan kura-kura kegemukan dan masalah pencernaan. Sebaiknya beri makan kura-kura 2 hari sekali. Tapi, beda halnya dengan bayi kura-kura. Bayi kura-kura brazil, sebaiknya di beri makan setiap hari, dengan porsi yang sedikit. Karena, hal itu akan membantu pertumbuhan bayi kura-kura.
  6. Jagalah kebersihan pada tubuh kura-kura. Misalnya dengan menyikat cangkang kura-kura dengan sikat, agar cangkang kura-kura tidak berlumut dan terlihat terawat.
  7. Berilah suplemen khusus kura-kura. Hal itu berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh kura-kura.
  8. Tempatkanlah kura-kura berada ditempat yang terkena sinar matahari. Bila tidak terkena sinar matahari, anda bisa menggunakan lampu reflector. Hal ini berfungsi agar kura-kura mendapat UVA dan UVB. Sinar UV membantu proses pencernaan makanan dan menghangatkan tubuh kura-kura.
  9. Berikanlah tempat kering/basking area. Tempat ini berfungsi untuk tempat berjemur kura-kura.
  10. Bila kura-kura berada didalam ruangan, sebaiknya anda memberi vitamin yang mengandung D3.
  11. Siapkan kura-kura tempat yang kondusif. Supaya kura-kura merasa nyaman.
  12. Karena kura-kura makhluk hidup, Anda harus memperlakukan kura-kura secara beradab. Kura-kura tidak suka bila air di kolam/akuariumnya diobok-obok.
  13. Menentukan jenis kelamin kura-kura Anda. Kura-kura jantan, berkuku panjang pada kaki depannya dan ekor yang besar. Bila kura-kura betina, kuku depannya pendek dan ekornya kecil.
  14. Anda perlu memberikan daerah di dalam akuarium Anda, dimana kura-kura dapt benar-benat menjadi kering berjemur dibawah sinar matahari.
  15. Dekorasi kolam/akuarium Anda dengan bahan-bahan yang tidak berbahaya bagi kura-kura Anda.
  16. Banyak penyakit pada kura-kura yang timbul karena keadaan air yang kotor, kurang pencahayaan dan gizi yang buruk. Maka Anda harus menguras air serajin mungkin/akuarium di beri filter, memberikan vitamin pada kura-kura dan memberikan pencahayaan yang cukup.
  17. Jika kura-kura terserang penyakit, anda harus menaikkan suhu dari 23-30 derajat Celcius, memberi kura-kura makanan yang bergizi dan menjaga kebersihan akuarium/kolam.
  18. Kura-kura jangan terlalu sering dipegang.
  19. Waspadalah pada gejala dan penyakit pada kura-kura. (Bisa baca di sini Gejala Penyakit Pada Kura-Kura (Beserta Cara Mengobatinya))

14 komentar:

  1. ternyata begitu caranya terimakasih yaa

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Kura-kura brazil itu kelakuannya mirip kaya anjing walau lebih bodo. Jika setiap hari kita mebiasakan, jadilah demikian. contoh : Seperti komen saya di bawah, jika kita sering memanggil, jadilah ia penurut

      Hapus
  3. Kayaknya salah besar dech yang no 18!!!! justru supaya kura2 terbiasa dengan kita, min sehari di pegang 2x dech, trus di beri nama. misalnya kaya kura2 ku (pocky, kuya-kuya, findy). Trus sering-seringlah memanggil!! ini pengalamanku memelihara hingga sekarang!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tergantung sih, asal kalo megang tangannya bersih

      Hapus
  4. Kura kura saya berenanganya miring, terus tidur terus, nafsu mkn kurang. Itu knp ya? Minta solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. inilah solusi yg terbaik yaitu dg cara membuangnya..................

      Hapus
  5. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus