Rabu, 11 Juli 2012

Gejala dan Penyakit Pada Kura-Kura (Beserta Cara Mengobatinya)

KEKURANGAN VITAMIN A


Gejala : cacar pada mata, bercak putih pada tempurung, hilangnya sebagian kulit di leher / kaki.
Pencegahan : memberi suplemen 2 kali seminggu dan juga makanan yang kaya vitamin A. (Tomat, wortel dll)
Pengobatan : injeksi 60-120.000 IU vitamin A per-kg dan suntikan kedua untuk 2-3 minggu kemudian.


KEKURANGAN VITAMIN D3

Gejala : radang tulang belakang, pembentukan karapas (bagian atas yang menutupi punggung kura-kura) yang tidak bagus, rasio pertumbuhan yang lambat.
Pencegahan : suplemen vitamin 2 kali seminggu, kura-kura ditaruh ditempat yang terkena sinar matahari langsung / lampu berspektrum penuh selama 8-10 jam perhari.
Pengobatan : beri vitamin D3 pada kura-kura atau ditaruh di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

KEKURANGAN VITAMIN E


Gejala : benjolan, nodules, lipomes, abcesses.
Pengobatan : suntikan suplemen multivitamin, mengangkat luka.

KEKURANGAN VITAMIN B


Gejala : lesu, masalah dengan sistem saraf utama.
Pencegahan : supleen vitamin 2 kali seminggu.
Pengobatan : suntikan suplemen multivitamin, minyak ikan, oragan ikan.

KEKURANGAN ZAT BESI


Gejala : cacat pembentukan dan rasio pertumbuhan yang lambat.
Pengobatan : beri makanan yang kaya zat besi seperti hati sapi.

KEKURANGAN FOSFOR DAN KALSIUM


Gejala : pertumbuhan kura-kura lamban.
Pencegahan : berikan tulang sotong ke kura-kura atau tambahkan suplemen vitamin kaya kalsium, jemur dibawah sinar matahari langsung.
Pengobatan : suntikan suplemen multivitamin.

PENYAKIT MATA


Gejala : kura-kura selalu menutup matanya, membengkak dan tidak mau makan.
Pencegahan : sering-sering bersihkan tempat kura-kura, beri makanan mengandung vitamin A.
Pengobatan : gantilah airnya lebih sering, naikan suhu ke 23 sampai 30 derajat celcius, nyalakan terus lampu jemurnya, bersihkan matanya dengan larutan boric acid / air dengan garam, lakukan pada pagi dan malam, gunakan cotton-bud untuk mengolesi larutannya ke mata kura-kura, beri suplemen secara rutin.

INFEKSI PERNAFASAN


Gejala : hidung meler, mulut tidak benar-benar tertutup rapat, berenangnya miring ke satu sisinya, nafsu makan menurun, lesu.
Pengobatan : tutup ruangan dengan rapat untuk menghindari kotoran udara, jaga air tetap hangat, pisahkan dengan kura-kura lain karena menular. Jika kondisi tak membaik, bawa ke dokter.

INFEKSI JAMUR TEMPURUNG


Gejala : lapisan putih pada tempurungnya
Pencegahan : sering-seringlah mengganti air pada kolam atau menggunakan filter.
Pengobatan : mandikan kura-kura dengan air garam selama 30 menit setiap hari. Dalam 2-10 hari akan sembuh, jika belum segera bawa ke dokter.

TEMPURUNG LUNAK


Gejala : tempurung lunak dan terlihat bercak putih.
Pencegahan : beri kura-kura tulang sotong beserta sinar berspektrum penuh.
Pengobatan : beri kura-kura tulang sotong beserta sinar berspektrum penuh. Jika tidak ada kemajuan, bawa ke dokter.

SEMBELIT


Gejala : susah buang air besar, menendang-nendang ekornya dengan kaki belakang dan tak ada gerakan perut.
Pencegahan : memvariasikan makanan untuk kura-kura.
Pengobatan : taruh kura-kura di air hangat dari pada air sebelumnya. Jika tidak terjadi apa-apa, tunggu 5 jam. Lalu cobalah sekali lagi.

64 komentar:

  1. q mw tny..q bru bli kura2 ast 3hari yg lalu..tp smpk skg dy susah bgt mkan..q ksh makan ap aj(ikan kcil..udang..cacing beku..pelet) it g mw dmkan..trus q ksh mkan pelet yg biasa dksh oleh si penjual jg ttp gt..pling dy mw cm 3butir ja dlm shari..q hrus gmn? tlng cpt dblz y..q kwatir bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh jadi gitu? itu kura-kuranya baru adaptasi. nggak apa apa. waktu itu kura-kura saya juga gitu. tapi lama lama dia mau makan kok :D

      Hapus
    2. kura2 q uda 1 minggu ga mau makan, padahal sebelumnya makannya banyak,

      Hapus
  2. TEMPURUNG LUNAK
    Pengobatan : beri kura-kura tulang sotong beserta sinar berspektrum penuh. Jika tidak ada kemajuan, bawa ke dokter.

    sotongnya dipotong kecil2? kl g mau makan tulang sotongnya gimana? terimakasih balasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dipotong kecil-kecil. hah gak mau di makan ya? coba di kasih suplemen ang mengandung vitamin D aja. semoga kura-kura kamu cepet sembuh ya :)

      Hapus
    2. Boleh tau nama (merknya)
      Belinya dimana

      Hapus
  3. kura-kura sy naik biji2 putih... knape yea... die masih kecil...bnyk sgt.. tgn.. kaki.. kepala...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru jawab. itu kura-kuranya jamuran kali

      Hapus
  4. Mau tanya,. saya pnya kura2,. umurny gk tau tp sdh ckp gede tp gk gede2 bgt,. ceritanya wktu itu ilang d taman dpn rumah,. sktr 5 bulanan lah ketemu lg,.perma d temuin kulitny pada luka n mengelupas,. tp itu sdh bsa d atasi skrng,.matany bengkak, merem trus sama gk mau makan,. ciri2 yg sama dgn pemaparan sakit mata,. cara kasih suplemenny gmana? makan aja gk mau?? suplemen yg gmpang d cari apa ya??

    BalasHapus
  5. saya dikasi orang kura-kura: ada brazil,dadamerah dan missisipi ukuran 10cm up. tapi tempurungnya rusak semua kayak berlubang dan pada mengelupas tempurungnya...itu penyakit apa?lantas cara penyembuhannya bagaimana? apakah dengan air garam saja cukup? terima kasih ya :D

    BalasHapus
  6. saya mau nannya,kok di deket ekor kura-kura saya ada kayak coklat2 tapi itu gak bisa diilangin,trus saya pernah coba ngelopein sedikit kayak ada putih2,kira2 kura-kura saya kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kura2 kamu kena penyakit panu...

      Hapus
  7. assalamualaikum wr wb
    saya mw tanya...
    saya baru beli 2 kura2.. tp yg satu nya aktif n yg satu g aktif
    nha yg g aktif itu susah makan,mw nya tidur terus, n klo berenang kok miring2 ya..
    td saya liat kok kakinya muncul bintik2 putih nonjol.
    penanggulan nya apa ya....
    makasih

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. saya dah beli buat da seperti ape yang disarankan...tapi macam makin parah..area dekat tmpt tggl sy xde klinik haiwan..macam mana nak buat nieyh.. rungsing dan risau..

    BalasHapus
  10. kalau ada bintik bintik putih di kulitnya .. itu kenapa ?

    BalasHapus
  11. Saya beli kura2 sepasang msh kecil,salah satunya ga aktif terus skrng dia kaya yang kena infeksi mata tapi di tangannya juga ada kaya benjolan lecil putih gtu banyak..nah yg satu pagi tadinya aktof tapi sekarang jd pendiam dan tiap didalam air dia keluar gelembung dari hidungnya,itu knpa ya?dan saya harus apa?

    BalasHapus
  12. kura-kura saya yg baru kesil kira2 2 mingguan ...kok gak mau makan dan tempurungnya lembek/lunak dan terlihat lemes.. saya dah beri makan sayur dan udang tetapi masih juga gk mau makan....tolongnya gan informasinya.....!!!

    BalasHapus
  13. Aslmualaikum_mf mau tanya..bedanya kura2 kekurangn vit A sm infksi jamur apa ya?
    Kura2 sy di tempurungnya itu ada putih2 seperti kulit yg ngelupas..itu msk k dlm kategori kekurangan vit A atau infksi jamur?

    BalasHapus
  14. Kura-kura saya tempurung bawahnya agak lunak, itu termasuk penyakit tempurung lunak kah?
    terus matanya bengkak sebelah, putih semua, itu penyakit apa?

    BalasHapus
  15. Kura saya ada 6. Yang dua kulitnya kaya ada benjolan putih. Udah gitu sebagian kulitnya kaya merah merah. ..? Itu kenapa ya ? Obatnya apa

    BalasHapus
  16. kalo kura lagi pilek dan sakit mata itu gimana ya?
    salepnya di apotek ga dijual, trus dicari dimana,,,

    BalasHapus
  17. kura kura saya bisulan di telinganya, bagai mana cara menyembuhkan ?
    mohon saran bagi yg sdh pengalaman...

    BalasHapus
  18. beli suntikan suplemen multivitaminnya dimana ya? Kura-kura saya ada benjolan di kulit pada bagian leher ada kayak benjolan :(

    BalasHapus
  19. kura kura saya sudah 2 minggu lebih gak mau makan ngapa ya ,APA lagi sakit

    BalasHapus
  20. Ada yg tau gak cara ksh makan ke kura" yg gk mau mkan, udh saya paksain tp ttp aja gamau mkann

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba anda kasih makan udang yang sudah direbus,kupas kulitnya, buang kepalanya terus celupin uadngnya kedalam tempat kura-kura

      Hapus
  21. Tempat menyuntik kura - kura dimananya?

    BalasHapus
  22. dokter hewan tempatnya dimanasih?

    BalasHapus
  23. siapa yang butuh ahli kura-kura? hp:94233939
    aku udah memelihara kura-kuraku selama 1tahun 5 bulan
    berserta makanan kura-kura

    BalasHapus
  24. kura-kura saya jenis ambon, kulitnya tempurungnya ngelupas, bau tidak sedap, lemes, kalo keairin ngambang gak tenggelam kenapa ya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget seperti yang saya kira kira knp ya

      Hapus
  25. kalau kura''nya ga mau makan gimana caranya?

    BalasHapus
  26. apa obat ikan juga boleh buat kura" ?? kalo cara ngobatin kura" yang mulutnya suka menga-nga dan sering tidur apa ya ? sama matanya slalu aj trtutup . tolong dong infonya

    BalasHapus
  27. Gan kura2 q matany yg sblh trtutp trz n gg mo mkan.
    Mo ikuti ptunjuk agan tp takut obat mtany dg cutonbud

    BalasHapus
  28. kalau kura kura yang gk mau makan,matanya suka tertutup terus,di kaki depannya yg satu benjol putih gitu,trus diem aja obatnya apa ya??makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh kura kura ane persis kaya gini nihh mohon bantuanya

      Hapus
  29. Kura kura saya yang betina cangkangnya kecil sekali yang bagian pojoknya agar naik ke atas bagaimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
  30. kura kura saya lehernya benjol kaki dan tangan pun keluar benjolan. dan akhirnya mati.

    BalasHapus
  31. Kura2 ku di pinggiran cangkangnya ada bercak putih dan tepat di dekat bercaknya cangkangnya aga lembek. Itu kenapa ya? Cara mengatasinya himana? Mohon infonya.

    BalasHapus
  32. Tempuring lunak .
    Slain di ksih mkan sotong apa ada yg lain ??
    Sminggu ini sya agak sibuk ,jdi gx smpet ngirus..
    Kyanya infeksi jamur juga ..
    Penangan nya gmna ya .??

    BalasHapus
  33. Kalo kura kuraku di wajahnya ada bercak putih!!
    Gimana yahh Ngatasinnya

    BalasHapus
  34. Kura-kura saya ada benjolan putih di pipi kanan dan kirinya, itu knp ya? Dan bagaimana cara menyembuhkannya?
    Info please, terimakasih

    BalasHapus
  35. Kalo kura kura sy udh 1 Minggu gk mau makan,gimana cara nyembuhinya ya???

    BalasHapus
  36. Kura" saya tiba tiba mata sebelahnya kelopak matanya merah, terus gak mau makan, gak mau jalan juga, kasihan , apa harus dikasih air garam juga kelopak matanya?

    BalasHapus
  37. Kura" saya tiba tiba mata sebelahnya kelopak matanya merah, terus gak mau makan, gak mau jalan juga, kasihan , apa harus dikasih air garam juga kelopak matanya?

    BalasHapus
  38. saya mau tanya saya punya kura kura dia tau tau,ada bercak putih di tempurung nya dan tempurung nya lembek banget sampe kalo di pegang lembek banget di bagian sekitaran ujung tempurung nya,dan dia udah mulai lesu terus agak mangap gitu...mohon bantuannya ya

    BalasHapus
  39. Mau tanya saya punya kura kura kecil jenisnya brazil sudah 2hari ini kok tidak mau makan ya? Tolong bantuanya

    BalasHapus
  40. mau nnya kura" sya udh bbrpa hari dia lesu aja trs dia suka nyari tmpt yg gelap , jd saya pke handuk tempt naya , saya pikir dia dingin trs dlm air , jd begitu saya masukin handuk kecil , dia lgs masuk ke dlm trs tidur di dlm anduk itu . . knpa ya , oh iya tenpuryng nya ada putih" nya juga ..makasih barang kali ada yg pernh kura" nya kaya gtu , gmn cara antasin nya ?

    BalasHapus
  41. mau tanya, kura-kura brazil saya berjamur dan tempurungnya mulai lembek di bagian belakang. Tempurungnya juga mulai mengelupas. Sudah dikasih obat tetes biru untuk ikan dan juga dijemur kira2 setengah jam di pagi hari selama 3 hari ini tapi masih juga terlihat lemas. Ada yang tahu ini penyakit apa ya?
    Apakah bisa diobati sendiri dengan air garam atau harus dibawa ke vet ya? mohon bantuannya ya...terima kasih.

    BalasHapus
  42. kura kura ku dibegian ekor bawah nya ada benjolan hitam kenyal, itu kenapa ya? dan cara ngilangin nya gimana?
    Tolong kasih tau.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  43. kak, kura kura ku di bagian mulutnya sebelah kiri seperti ada luka yg mendalam, kayak busuk gitu, itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kena jamur deh kayanya.. coba sering2 rendem pake garem ikan. Kura2 ku dulu sampe bolong mulutnya gara2 di grogotin jamurnya

      Hapus
    2. Itu kena jamur deh kayanya.. coba sering2 rendem pake garem ikan. Kura2 ku dulu sampe bolong mulutnya gara2 di grogotin jamurnya

      Hapus
  44. Kura kura saya kalo berenang ga miring ke samping tp kalau diam dia miring. Itu kenapa ya? Terimakasih

    BalasHapus
  45. Itu cahaya matahari pagi atau siang mohon di jawab?

    BalasHapus
  46. Aku baru beli sulcata ukuran 6cm udah ak rawat 14 hari
    Tpi akhir akhir ini suka garuk garuk muka
    Gatau knp ada bekas lukanya gt
    Tpi kering sih
    Makan ttp rakus banget suka ak ganti ganti menu
    Knp ya sulcata aku suka garuk" muka ? Apa itu jamur?

    BalasHapus
  47. Kak saya punya kura2 ambon nah tempurung bawahnya itu mengelupas dan ngelupasnya tebel gtu ka, dan kalo dicium itu bau banget .. kira2 sembuhnya harus diapain ya ka ?

    BalasHapus
  48. Yakin gak papa ni kura2 nya kalau direndam pakai air garam dapur. Airnya seberapa ya klau bisa ? Mohon dijawab 😊

    BalasHapus
  49. Permisi kak kura2 sy ukuran 8cm trs dia suka mangap2 n ada suara ngik2 gr knp y. Trs cara menanganinya gmn? Mohon di jwb. Trimaksh

    BalasHapus
  50. Ka saya mau tanya kenapa ya kura2 saya kaki bagian depannya ga mau gerak

    BalasHapus
  51. Hallo saya mau konsultasi ni min . Kura kura saya umur 5 bulan tapi cuma ukuranya gak naik naik cuma 4-5 cm saja .. tra min kura saya nafsu makan hilang . Bagian dada kura kura ( tempurung paling bawah ) itu sedikit lembek dan tempurungnya juga lembek ... Knp ya

    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  52. Hi kak, mau tnya neh. Kura2 ambon saya, di bagian leher ada lipatan yg ckup bnyak. Sperti kelebihan lemak leher gt. Nah kulit lehernya jd kelupas kulit. Kl kepalanya sedang msuk, kepalanya tuh tenggelam dalam kulit lehernya.sudah sy rendam air garam, sy jemur. Ada prubahan sih tp lemak lehernya tetap saja besar. Gmn yah

    BalasHapus